Minggu, 11 Januari 2015

MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA)

MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA)

            Masyarakat Ekonomi ASEAN ( MEA) adalah kerjasama perdagangan bebas antar negara kawasan ASEAN, rencananya MEA akan berlaku akhir tahun 2015 dan diberlakukan secara bertahap sehingga kawasan negara asean berada pada satu wilayah perdagangan.
            
         Tetapi dalam menghadapi MEA mendatang pasti ada juga resiko, tantangan, dan peluang sendiri bagi bangsa Indonesia, MEA tidak hanya membuka arus perdagangan barang dan jasa tetapi juga arus pasar tenaga kerja. Sehingga dibutuhkan kesiapan yang matang agar bisa bersaing didalamnya, ada peluang didalamnya tetapi dengan resiko dan tantangan yang juga harus dihadapai.
            
        Pemerintah sendiri melakukan banyak persiapan dalam menghadapi MEA yang sebentar lagi diberlakukan, tetapi tentu saja masyarakat sendiri yang akan berhadapan langsung mengingat perdagangan bebas berarti hilangnya campur tangan pemerintah terhadap perlindungan sebuah sistem ekonomi dalam negeri.
            
         MEA bukan sesuatu yang harus ditakuti, MEA harus menjadi faktor yang mendorong kita untuk maju. Perdagangan bebas menjadi kebutuhan dan akan berlaku dikemudian hari, tanpa atau dengan persiapan. tetapi dengan adanya MEA bangsa Indonesia akan memiliki wilayah pembangunan ekonomi yang merata dan juga daerah terintegrasi penuh dalam ekonomi global.
            
         Dalam adanya pasar bebas tersebut tentu saja dapat menjadi hal positif bagi kita jika kita mampu bersaing. Namun, sebaliknya dapat merugikan kita jika kita tidak mampu bersaing. Pasar bebas tentu saja menguntungkan bagi para produsen yang target pasarnya internasional. Lalu untuk produsen dalam negri, apakah sudah siap menghadapi persaingan dengan produk yang ditawarkan asing, terlebih lagi jika kita lihat sumber daya manusia (SDM) masyarakat Indonesia yang tidak rata apakah mampu menghadapi pasar internasional jika pendidikan yang dijenjang sesama masyarakat tidaklah sama karna ada yang bersekolah dan ada juga yang tidak bersekolah.
            
      Tetapi sebagai masyarakat Indonesia kita harus siap menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi di tahun 2015 ini dalam menghadapi MEA, dan dalam waktu 12 bulan lagi mari kita masyarakat dan pemerintah menyiapkan diri dalam menghadapi MEA dan mempersiapkan kualitas diri dan produk dalam negeri dan marilah berpikiran positif dalam menghadapi MEA.


Analisis tentang MEA :

Menurut saya terkait MEA, kawasan ASEAN memiliki dua potensi besar dalam perdagangan global, yang mana perdagangan global mengatur kapital besar dapat secara bebas masuk ke ranah produksi, distribusi, dan alokasi kawasan MEA. jangan dipandang jika adanya MEA malah akan membunuh para produk – produk lokal tetapi malah akan membangkitkan kualitas dan mutu bagi produk local.

ekspor barang-barang hasil pengolahan yang lebih memiliki nilai tambah harus terus ditingkatkan selama telah memenuhi kebutuhan dalam negeri. Sebaliknya, impor barang-barang yang bisa mengancam industri dalam negeri harus dibatasi. Impor seharusnya hanya terbatas pada barang-barang yang bisa memperkuat industri di dalam negeri. Semua itu dilakukan antara lain dalam melindungi berbagai kepentingan masyarakat. Sebab, kewajiban negaralah untuk menjadi pelindung bagi rakyatnya.

Melihat kenyataan ini, nampaknya dunia bisnis Indonesia harus realistis melihat bahwa kita sendiri-sendiri dalam menghadapi keadaan ini. Kesiapan pemerintah yang diwujudkan melalui peraturan yang mengungkit daya saing bisnis nasional nampaknya hanya bisa diharapkan, jika memang terwujud di pemerintahan baru, kita anggap saja sebagai bonus. Namun prinsipnya, lakukan apa yang bisa dilakukan, yakni meningkatkan daya saing perusahaan di level ASEAN.

Indonesia akan bersaing secara sehat dengan masyarakat MEA dan dapat memperkenalkan produk – produk local buatan masyarakat Indonesia asli, dan dapat mebuat produk local lebih dikenal secara luas maka dari itu kita sambut positif dengan datangnya MEA pada akhir tahun 2015 nanti dengan tangan terbuka.


Sumber:

http://www.kabarpapua.net/2014/08/mea-bunuh-diri-politik-negara-analisis.html


Nama  : Della Nuriasha
Kelas  : 2EB15
Npm   : 22213149

Tidak ada komentar:

Posting Komentar